Cek Blogmu Ngetop ngak

**Create Link Effect**
Page Rank Check

Kamis, 03 April 2008

Memilih Topik Blog

Topik atau tema blog sangat menentukan kesuksesan blog yang kita buat. Sebab dari situlah pengunjung memutuskan perlu mampir atau tidak di blog kita.

Bila topiknya tak sesuai yang diharapkan, pengunjung akan langsung minggat mencari blog lain. Tapi kalau topiknya cocok, pengunjung akan betah dan bahkan tak segan membelanjakan uangnya di blog
topik apa yang seharusnya dipilih?

Pasti ini yang ingin anda tanyakan.
Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan terutama oleh new blogger. Dan tak ada yang salah dengan pertanyaan itu. Karena memang inilah keputusan pertama yang akan menentukan keberhasilan blog anda. Percuma saja kita sudah melangkah ratusan kilometer, jika ternyata jalur yang kita pilih keliru. Tujuan kita tidak akan pernah tercapai!

Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan ketika memilih topik blog:

1.Ikut-ikutan Orang lain
Kebanyakan blogger pemula biasanya suka latah, Mereka suka memilih topik blog hanya karena melihat blog lain sukses dengan topik tersebut. Memang tidak dosa jika meniru topik blog yang sudah ada. Tapi ini juga menunjukkan sejauh mana anda serius menggeluti blog anda. Suka latah hanya akan membuat anda selalu menjadi nomer dua. Karena begitu anda meniru suatu blog, blog yang anda tiru sudah melangkah lebih jauh. Buka mata dan pikiran! Di dunia maya sangat banyak hal yang bisa dieksplorasi.
Topiknya anda suka tapi tak banyak orang minat. Ini kesalahan kedua yang sering dilakukan. Maksudnya sih ingin tampil beda, tapi jadinya malah blog anda menderita karena jarang ada yang bertamu. Perlu juga diperhatikan berapa banyak orang yang tertarik dengan topik blog yang anda pilih. Karena banyak sedikitnya pengunjung berbanding lurus dengan kesuksesan yang ingin anda capai.
Topiknya tidak anda dipahami. Jangan sekali-kali memilih topik blog yang tak anda pahami sama sekali. Selain bisa membuat anda tersesat, juga sangat mungkin membuat banyak orang lain ikut tersesat. Dampak ekstrimnya, blog anda dicap sebagai penyebar kesesatan. Dan karir anda sebagai blogger akan habis tanpa pernah mencicipi kesuksesan sebelumnya!
Topik tidak fokus. Memilih topik yang sangat luas bisa membuat pengunjung bingung dengan blog anda. Bukannya mendapatkan pencerahan dari blog anda, permasalahan yang tengah dicari solusinya oleh pengunjung mungkin bisa tambah tidak karuan. Bagi anda sebagai pemilik blog, jangankan mengharapkan pundi-pundi uang berdatangan, tidak dijuluki blogger yang tidak jelas saja sudah untung. Sebaiknya, pilih topik yang fokus. Kalaupun memiliki ketertarikan terhadap beberapa bidang, usahakan masih berkaitan. Tentu tidak nyambung kan kalau topik blog anda tentang dunia kesehatan dan tambal ban?
Kalau bingung dan tidak punya ide sama sama sekali tentang topik blog yang akan dipilih, terus bagaimana?

Kalau pikiran anda sama sekali kosong melompong, coba tanyakan pada diri sendiri dan tulis pada secarik kertas. Apa hobi anda? Apa yang anda minati atau suka? Apa saja pengalaman anda? Yang anda pelajari selama ini apa? Atau keahlian apa yang paling membanggakan dari diri anda?

Kemudian dari sekian deretan topik yang sudah ditulis, tentukan topik blog anda. Perhatikan dan ingat, jangan sampai kesalahan-kesalahan pemilihan topik di atas terjadi pada anda.

Biasanya sih kebanyakan blogger memilih topik yang disuka. Karena lebih mudah untuk memulai ngeblog. Itu juga yang saya sarankan. Yang penting, anda KONSISTEN mengelola blog anda dan mencoba menghadirkan TRAFFIC yang tinggi ke blog anda

Kenapa?

Kalau tidak konsisten, sebulan dua bulan mungkin anda sudah bosan dengan blog anda. Jelas waktu satu dua bulan tersebut menjadi terbuang percuma. Selain juga duit anda lenyap tanpa hasil buat internetan.

Supaya tidak seperti itu, selain konsisten, anda harus bisa mendatangkan traffic yang tinggi. Karena dari situlah potensi penghasilan anda muncul. Memang lebih mudah makan rambutan daripada mendatangkan traffic. Tapi traffic yang tinggi sangat mungkin terwujud—lagi-lagi—tergantung semenarik apa topik blog anda di mata pengunjung. So, pilih topik yang memang dicari banyak orang.

Anda masih bingung memilih topik gara-gara banyak hal yang disuka?

Saran saya pilih satu lalu SERIUSI dan TEKUNI. Curahkan perhatian pada satu bidang tersebut. Kalau anda tidak segera putuskan, anda tidak akan pernah tahu topik yang anda tetapkan itu disukai pengunjung atau tidak.

Sekali lagi, pengunjung yang akan menentukan topik blog anda menarik atau tidak. Karena itu, segera tetapkan topik dan mulai ngeblog. Tulis dan lihat bagaimana respon pengunjung. Selanjutnya, anda boleh melakukan penyesuaian. Kira-kira apa yang kurang dari topik yang anda pilih. Perlu disempitkan lagi atau justru diperluas? Atau mungkin soal isi blog? Ini akan kita bahas lain kali.

Saya tekankan lagi, sangat penting memulai ngeblog dengan memilih SATU topik daripada memilih banyak topik. Karena dengan begitu anda bisa mencurahkan waktu dan energi anda. Anda bisa fokus!

Saran lainnya, daripada mempunyai banyak blog, sebagai permulaan lebih baik punya satu blog saja. Karena dengan begitu konsentrasi anda dalam mengelolanya bisa lebih maksimal.

Selain itu, tetapkan target terhadap blog anda. Dua atau tiga bulan waktu yang cukup baik untuk melakukan evaluasi. Bila dalam waktu itu, blog anda bisa menghasilkan seperti target yang anda harapkan, anda boleh lanjutkan. Tapi jika tidak, jangan ragu untuk berubah. Ganti topik blog anda. Mungkin topik blog anda pasaran? Atau mungkin sedikit orang yang tertarik dengan topik yang anda tulis?

Selain ganti topik, alternatif lainnya anda bisa buat blog baru. Konsekuensinya anda harus mau kehilangan hasil kerja keras anda selama tiga bulan. Tapi tak mengapa. Asal anda pandang itu yang terbaik untuk kelangsungan blog anda, tak ada salahnya mencoba. Dan jadikan pengalaman selama tiga bulan sebagai bekal untuk ngeblog lebih lanjut. Kata banyak orang, experience is the best teacher!

Pilihan lainnya? Mungkin anda bisa jual blog anda. Siapa tahu ada yang tertarik. Dan anda bisa buat blog baru…