Cek Blogmu Ngetop ngak

**Create Link Effect**
Page Rank Check

Jumat, 22 Februari 2008

Tips Sukses ngeblog

Tips Ngeblog Buat Pemula

1.Platform blog mana yang sebaiknya digunakan? Apakah cukup menggunakan layanan hosting blog gratis macam Blogger.com dan WordPress.com atau memilih hosting sendiri dengan nama domain sendiri? Ataukah perlu mulai dan latihan dulu dengan yang gratis dulu terus kemudian di-upgrade?

Saat ini banyak sekali platform blog yang masing-masing punya keunggulan sendiri. Sebut saja Blogger.com, WordPress, BlogDrive, BlogSome, TypePad, Movable Type dan seterusnya,semua sangat tergantung pada kebutuhan dan selera kita. Anda bisa memilih yang mana saja.

Mana yang akan Anda pilih sangat tergantung pada visi Anda ngeblog dan juga, budget.

Keunggulan dan Kelemahan Hosting Blog Gratis

Keunggulan:

Murah atau bahkan gratis (kecuali Type berbayar). Anda tinggal mencari nama sub-domain yang Anda inginkan. Relatif mudah untuk melakukan set-up. Hampir tak diperlukan pengetahuan teknis untuk memulai aktivitas ini. Simpel untuk dijalankan. Beberapa saat setelah Anda mengklik ini-itu seperti pilihan template, memberi nama maupun tag-line, Anda bisa langsung membuat posting baru. Nah, berarti Anda sudah punya blog!

Anda bisa meminta jasalayanan hosting untuk menginstal platform stand-alone mana yang ingin digunakan. Misalnya Blogger.com dan WordPress. Beberapa platform lain yang juga stand alone / diinstal di server sendiri antara lain: PMachine, Greymatter dll

Keunggulan dari blog hosting gratisan yang banyak tersedia adalah

Bisa memilih desain sendiri. Anda bisa memilih ribuan template desain gratis . (templat blog gratis buatan orang Indonesia antara lain bisa didapat di sini), atau ingin memesan desain sendiri. Terserah — kendali di tangan Anda. Adaptabilitas. Sebagai pengguna Blogger, saya mendapat banyak sekali kreasi-kreasi plug-in baru yang bisa digunakan untuk memperkaya fitur blog dari teman sesama Blogger. platform blog yang lain mungkin juga mempunyai keungulan masing-masing.
Mau Punya domain sendiri, Tentu banyak keuntungan, punya domain sendiri, selain mudah diingat, kelihatan lebih profesional bro

Teknis yang rada rumit di platform blog lain selain blogger juga menimbulkan suatu masalah, Bagi yang memiliki keahlian teknis soal ini, tentulah jadi perkara mudah. Tapi, bagi yang awam sama sekali, ini adalah sesuatu yang memusingkan. Jalannya cuma satu: minta bantu teman, atau coba mempelajarinya sendiri. Paling tidak, harus memahami kode-kode dasar HTML dan sedikit mengerti “logika” CSS. Biaya. Tentu selain harus membeli domain sendiri, Anda harus bayar hostingnya juga. Inilah yang harus Anda pikirkan setiap tahunnya. Update. Karena hosting sendiri, begitu ada update terbaru soal teknis, Anda harus berusaha sendiri cari tahu bagaimana menginstal dan mengaktifkannya.


Jika Anda ngeblog hanya untuk menyalurkan bobi menulisa anda dan ingin,
berbagi dengan yang lain, bisa menaruh apa saja yang Anda suka — yang penting ngeblog, opsi hosting blog gratis mungkin lebih pas. Gratis dan urusan teknisnya juga tak perlu dipikirkan. Buat apa buang-buang duit, ya nggak? Jika Anda ingin ngeblog lebih profesional, fokus pada topik-topik tertentu, ingin menciptakan komunitas ? suatu saat nanti — siapa tahu — akan bekerjasama dengan pihak lain, opsi hosting blog berbayar layak dipertimbangkan. Jika Anda butuh waktu untuk memutuskannya, ada pilihan ketiga: Coba dulu dengan yang gratisan baru kemudian upgrade ke layanan premium. Jadi ada tenggang-waktu untuk berpikir apakah akan berlanjut bergratis-ria atau segera “naik kelas” ke level yang berbayar.